gravatar

TUGAS TERSTRUKTUR TAKSONOMI TUMBUHAN DESKRIPSI TUMBUHAN SANGKETAN ( Achyranthes bidentata blume )



Hahahah nostalgia tugas-tugas dulu...gambarnya di cari lagi ya di google males editnya :D





TUGAS TERSTRUKTUR
TAKSONOMI TUMBUHAN
DESKRIPSI TUMBUHAN SANGKETAN ( Achyranthes bidentata blume )




OLEH
Nama : Widdi setiawan
                                                                    Nim   : A1L08090









KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
AGROTEKNOLOGI
PURWOKERTO
2011


I.                   PENDAHULUAN


Taksonomi tumbuhan adalah ilmu yang mempelajari penelusuran, penyimpanan contoh, pemerian, pengenalan (identifikasi), pengelompokan (klasifikasi), dan penamaan tumbuhan. Ilmu ini merupakan cabang dari taksonomi.
Taksonomi tumbuhan (juga hewan) sering kali dikacaukan dengan sistematika tumbuhan dan klasifikasi tumbuhan. Klasifikasi tumbuhan adalah bagian dari taksonomi tumbuhan. Sistematika tumbuhan adalah ilmu yang berkaitan sangat erat dengan taksonomi tumbuhan. Namun demikian, sistematika tumbuhan lebih banyak mempelajari hubungan tumbuhan dengan proses evolusinya. Dalam sistematika bantuan ilmu seperti filogeni dan kladistika banyak berperan. Di sisi lain, taksonomi tumbuhan lebih banyak mempelajari aspek penanganan sampel-sampel (spesimen) tumbuhan dan pengelompokan (klasifikasi) berdasarkan contoh-contoh ini.
Ilmu taksonomi tumbuhan mengalami banyak perubahan cepat semenjak digunakannya berbagai teknik biologi molekular dalam berbagai kajiannya. Pengelompokan spesies ke dalam berbagai takson sering kali berubah-ubah tergantung dari sistem klasifikasinya.

Klasifikasi

  1. Klasifikasi tumbuhan adalah pembentukan kelompok-kelompok dari seluruh tumbuhan yang ada di bumi ini hingga dapat disusun takson-takson secara teratur mengikuti suatu hierarki.
  2. Sifat-sifat yang dijadikan dasar dalam mengadakan klasifikasi berbeda-beda tergantung orang yang mengadakan klasifikasi dan tujuan yang ingin dicapai dengan pengklasifikasian itu.
  3. Takson yang terdapat pada tingkat takson (kategori) yang lebih rendah mempunyai kesamaan sifat lebih banyak daripada takson yang terdapat pada tingkat takson (kategori) di atasnya.
  4. Perbedaan antara istilah takson dengan kategori yaitu istilah takson yang ditekankan adalah pengertian unit atau kelompok yang mana pun, sedangkan istilah kategori yang ditekankan adalah tingkat atau kedudukan golongan dalam suatu hierarki tertentu.
  5. Dalam taksonomi tumbuhan istilah yang digunakan untuk menyebutkan suatu nama takson sekaligus menunjukkan pula tingkat takson (kategori).
  6. Ada tiga sistem klasifikasi dalam taksonomi tumbuhan yaitu sistem klasifikasi buatan, sistem klasifikasi alam, dan sistem klasifikasi filogenetik.
  7. Berdasarkan sejarah perkembangannya ketiga sistem klasifikasi tersebut dibagi menjadi empat periode yaitu periode sistem habitus, periode sistem numerik, periode sistem alam, dan periode sistem filogenetik.









II.                PEMBAHASAN

TUMBUHAN SANGKETAN ( Achyranthes bidentata Blume )

A.    Klasifikiasi
Kingdom      : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi           : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas            : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas     : Hamamelidae
Ordo             : Caryophyllales
Famili           : 
Amaranthaceae (suku bayam-bayaman)
Genus            : 
Achyranthes
Spesies          : Achyranthes bidentata Blume 
Nama umum : Sangketan

B.     Deskripsi tumbuhan
Habitus : semak, semusim, tinggi ½ - 1 meter
Batang : tegak, persegi, batang muda berbulu, batang tua licin, hijau ke unguan
Daun    : tunggal, lonjong, bersilang berhadapan, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi rata, panjang 4-7 cm, lebar 2-4 cm, pertulangan menyirip, hijau
Bunga : majemuk, bentuk bulir, di ujung batnag atau cabang, panjang 10-2 cm, bulir tidak bertangkai, kelapak seperti duri, mahkota 5 helai, hijau pucat
Biji : Bulat telur, kecoklatan
Akar : Tunggang, putih kecoklatan


C.     Daerah penyebaran
Daerah penyebaran sangketan hampir merata di indonesia, antara lain yaitu jawa, sumatra, sulawesi, papua dan NTT. Teapi jumlah yang paling banyak di temukan yaitu di daerah pulau jawa

D.    Manfaat
Manfaat  Achyranthes bidentata blume adalah sebagai berikut
1.      Obat radang : di pakai 12 gram akar segar Achyranthes bidentata blume kemudian di cuci dan di rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit, kemudian di dinginkan dan di saring. Hasil saringan diminum sekaligus, sehari dua kali pagi dan sore
2.      Anti tumor : Achyranthes bidentata polysachharides (ABP), diekstrak dari akar Achyranthes bidentata, dan diinduksi dengan interleukin-1 (IL-1) hasil sintesis dan sekresi di uji pada tikus yang menghasilkan bahwa tikus tersebut immunt terhadap tumor ( masih dalam penelitian lanjutan )
3.      Antivirus: Tian et al.7  telah mempelajari kandunga sulfation dari polisakarida Achyranthes bidentata (ABPS) dengan asam sulfat, belerang trioksida-piridin atau asam klorosulfonat-piridin. Metode penelitian dengan sulfation homogen yang menghasilka 82,11% tingkat keberhasilan sebagai antivirus. Hal ini diperoleh dengan menggunakan asam klorosulfonat dalam jumlah lebih dari piridin. ABPS sulfat diperoleh sebagai garam natrium amorf dan mudah larut dalam air. Spektrum UV menunjukkan serapan ABPS 208, 268 dan 286 nm. Sulfat ABPS menunjukkan aktivitas yang tinggi sebagai anti-HbsAg dan HbeAg, dan itu efektif pada jenis-aku virus herpes simpleks.

E.      Kandungan kimia
Kandungan kimia tanaman Achyranthes bidentata blume adalah saponil dan polifenol . selain itu sangketan mengandung Ecdysterone, inokosterone, triterpenoidal glikosida (asam oleanolic sebagai aglycone ), betain, glikosida. Kandungan asam oleanolic di akar Achyranthes bidentata Blume yaitu sekitar 0,75-2,19%, 1,2 sedangkan betain dilaporkan sekitar 0,93-1,03%.
F.      Gambar tumbuhan Achyranthes bidentata blume

Gambar daun.
Gambar batang
Gambar bunga
Gambar akar

























DAFTAR PUSTAKA
-  Sangketan, 2009. http://www.plantamor.com/index.php?plant=22 ( online ) di  
    akeses tanggal 16 juni 2011 pukul 10.38 wib
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/1293942 diakes taggal 16 juni 2011 pukul 10.45 WIB
- Gambar achyrantes bidentata blume, 2009. http://www.google.co.id/imgres?-
  Chinese-herbal-extract-Twotooth-Achyranthes-Extract-Extract-of-Achyranthes-   
  Bidentata-Blume-eAbB. Di akeses tangal 16 juni 2011 pukul 10.5 WIB
- Achyrantes bidentata blume, 2011 http://www.alibaba.com/product-  
  gs/350268525/Twotooth_Achyranthes_Root.html. diakses tanggal 16 juni 2011   
  pukul 20.30 WIB

Mohon publish gambar nya ( Achyranthes bidentata Blume )

adnan5453@gmail.com

Isi masih berantakan harap maklum

Entri Populer