gravatar

KEDAI SI UNYIL

Mr.Oim
…………………………………………………
Loempia Unyil

…………………………………………………  

Jl. HR. Bunyamin no 23, Purwokerto Utara, sekitar Perumahan Arcawinangun
email : 4pertanian@gmail.com


Ringkasan Proyek


A.   MANAJEMEN

§  Nama Perusahaan                                          :  Kedai Mbah O:im
§  Nama Pemilik/Pimpinan Perusahaan               :  Mr.Oim
§  Bidang Usaha                                                 :  Makanan
§  Jumlah Karyawan/Tenaga Kerja                    :  3 Orang

B.   PEMASARAN

§  Produk yang Dipasarkan                                            :  Loempia Unyil
§  Sasaran Konsumen/Pembeli                          :  Masyarakat dan mahasiswa
§  Wilayah Pemasaran                                       :  Purwokerto
§  Rencana Penjualan/Tahun                             :  2011
§  Penetapan Harga Jual                                    :  4500,-/paket nasi
                                               

C.   PRODUKSI/OPERASI        

§  Kapasitas Produksi                                         :  500 porsi
§  Ketersediaan Bahan Baku                              :  15  ton terigu,30kg wortel dan 200 potong ayam
§  Fasilitas/Sarana Produksi                               :  Gas,Listrik dan perangkat memasak
§  Dampak Lingkungan                                       :  Pencemaran air dan udara/asap  yang mengganggu saluran pernafasan

D.   KEUANGAN

§  Total Pembiayaan Proyek                              :  5.550.000,-
§  Modal Sendiri                                                  :  3.250.000,-
§  Pinjaman yang Diajukan                                 :  2.500.000.-
§  Jangka Waktu Pengembalian Pinjaman        :  1 tahun 6 bulan
§  Penjualan per-Tahun (Rp)                              :  20.000.000,-
§  Keuntungan per-Tahun (Rp)                           :  2.575.000,-
§  Return On Investment (ROI)                          :  -
§  Break Even Point                                            :  3750,-/porsi


 I.  Latar Belakang

1.1.        Dasar Gagasan Usaha
1.1.1.    Prospek Pasar
Makanan merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Kekurangan makanan atau kelaparan menjadi problematika bagi penduduk. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan akan pangan dilakukan bisnis makanan. Frame masyarakat akan kebutuhan pangan tahun 2010 lebih menitikberatkan pada kualitas makanan yang baik namun tetap ekonomis. Beranjak dari  istilah ekonomis, kami menginovasikan makanan yang dalam satu hidangan sudah mencakup Kriteria gizi yang baik sesuai kebutuhan kalori tiap individu. Kedepannya, target utama pasar kami yakni kalangan mahasiswa, dengan penawaran serba ekonomis yang sesuai dengan ukuran standar uang saku mahasiswa.
1.1.2.    Manfaat Ekonomi
Tingkat penawaran yang lebih tinggi dari permintaan pasar dapat mengakibatkan terjadinya pemborosan biaya, seperti biaya penyimpanan, biaya modal, dan biaya kerusakan barang. Tingkat penawaran yang lebih rendah dibandingkan kemampuan pangsa pasar yang dapat diraih mengakibatkan hilangnya kesempatan untuk memperoleh keuntungan, bahkan mengakibatkan hilangnya pelanggan karena beralih ke pesaing. Oleh karena itu, perusahaan kami menawarkan strategi dalam mencapai titik equilibrium pasar, artinya adanya keseimbangan permintaan dan penawaran terhadap harga. Kami telah mensurvey bahwa adanya peningkatan harga oleh kompetitor yang tinggi mengakibatkan pelanggan memilih untuk beralih ke pesaing lain. Kesempatan inilah yang mengispirasi kami untuk menciptakan produk yang sama dengan ukuran yang lebih ekonomis, sehingga  kami tetap memperoleh keuntungan atau berada di posisi atas BEP(Break Event Point).

1.1.3.    Manfaat Sosial
Adanya interaksi antara penjual dan pembeli menumbuhkan sosialisasi yang saling menguntungkan. Pembeli merasa puas dengan barang/makanan yang dinikmatinya, sedangkan penjual merasa senang dan bangga dapat melayani pembeli dengan baik dan penghasilan sebagai buah dari kerja kerasnya. Sehingga adanya bisnis makanan ini menjadi mediator untuk nilai social dalam bermasyarat.





1.2.        Daftar Riwayat Hidup Pengelola
1.    Nama                                            : Oim Suparman
2.    Tempat tgl lahir                             : Purwokerto, 17 Agustus 1995
3.    Agama                                          :  Islam KTP
4.    Alamat Rumah                              :  Jl.Gunung Slamet no23, kel.Grendeng
5.    Alamat Tempat Usaha                  :  Jl.HR Bunyamin no 23.Purwokerto-utara
6.    Pendidikan Terakhir                      :  STM
7.    Pelatihan yang telah diikuti           :  Pelatihan Camping and Hiking
8.    Pengalaman                                  :  Sebagai juru masak UPL-MPA
9.    Keterampilan                                 :  Susur gua dan rawa
10.  Bakat/Hobi                                                :  Adventure
11.  Kegiatan Sosial                             :  Donor darah


 2.   Aspek Pemasaran

2.1.        Gambaran Umum Pasar
1.    Jenis produk yang dipasarkan adalah makanan
2.    Wilayah Pemasaran mencakup daerah purwokerto, kelurahan grendeng, karangwangkal dan perumahan arcawinangun.

2.2.        Permintaan
3.2.1.  Jumlah Permintaan Terhadap Produk
a.    Sasaran Pembeli (konsumen)
Masyarakat dan Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman.
b.    Jumlah konsumen
Lebih dari 1000 mahasiswa/th
c.    Jumlah kebutuhan
15 porsi/hr
d.    Total Kebutuhan per-tahun
5475 porsi

2.2.2.   Proyeksi Permintaan Selama 5 tahun Mendatang
Tahun
Proyeksi Permintaan (dalam unit)
1. 2011
5475
2.2012
5748
3.2013
6022
4.2014
6295
5.2015
7010

2.3.        Penawaran/Pesaing
2.3.1.  Jumlah Produk Sejenis di Pasar
Nama Perusahaan
Kapasitas Produksi/tahun (unit)
1. Kedai Eksped
14.400
2.


2.1.        Strategi Pemasaran Pesaing
Uraikan strategi Pemasaran yang dilakukan pesaing Anda, meliputi :
a.    Produk (mutu, ukuran, kemasan, dll)
b.    Harga (harga satuan, syarat pembayaran, potongan, dll)
c.    Jalur Penjualan
d.    Promosi

2.2.        Strategi Pemasaran Perusahaan
Uraikan strategi Pemasaran yang akan Anda lakukan
a.    Produk (mutu, ukuran, kemasan, dll
b.    Harga (harga satuan, syarat pembayaran, potongan, dll)
c.    Jalur Penjualan
d.    Promosi


Gambar di bawah merupakan gambaran penyajian lumpia yang akan di usahakan





@ Salah satu strategi pemasaran Produk yaitu dengan mengantarkan lumpia unyil ke konsumen yang memesan lewat sms atau telp. kendaraan yang di gunakan yaitu dengan menggunakan sepeda. sepeda di pilih karena pertimbangan biaya dan lebih efisien dalam menempuh segala macam medan ( gang-gang )


sebagai tempat usaha di gunakan konsep kedai yang sederhana agar menarik perhatian khususnya mahasiswa dengan pertimbangan kedai yang sederhana adalah kedai dengan harga yang murah. gambar di bawah ini merupakan contoh rancangan bangunan kedai yang akan di guankan
Dari kedai seperti di atas harapan kedepan yaitu perubahan yang signifikan menjadi kedai yang mempunyai bangunan seperti gambar di bawah ini tetapi dengan harga yang relatif terjangkau oleh mahasiswa




kenyamanan dan harga yang murah tetapi tetap menguntungkan adalah faktor utama dalam usaha ini terlebih sasaran pasarnya yaitu mahasiswa di sekitar kompleks universitas jenderal soedriman.





Isi blog sudah bagus, namun tata letak perlu diperindah

iya pak...lagi di benahi neh...maklum masih baru coba2

Isi masih berantakan harap maklum

Entri Populer